Titik konsentrasi serat sekunder

Dalam beberapa kasus, serat mungkin perlu dipisahkan dalam jaringan sebelum terhubung ke pelanggan. Seperti dalam kasus FCP utama, titik kedua ini membutuhkan fleksibilitas untuk memungkinkan koneksi cepat dan rekonfigurasi sirkuit serat. Ini disebut titik FCP sekunder.

Pada FCP sekunder, kabel distribusi disambung ke serat individu atau pasangan fiber (sirkuit) dari kabel drop. The FCP sekunder diposisikan pada titik optimum atau strategis dalam jaringan, yang memungkinkan penurunan kabel untuk dibagi sebagai sedekat mungkin dengan mayoritas pelanggan. Lokasi FCP sekunder akan ditentukan oleh faktor-faktor seperti posisi saluran, pipa dan akses poin dan, dalam kasus PON, lokasi untuk splitter.

The FCP sekunder biasanya kabel bersama penutupan bawah tanah atau tiang-mount dirancang untuk menangani jumlah yang relatif kecil dari serat dan splices. Atau, struktur alas jalan kecil dapat digunakan. Dalam kedua kasus, masuk dan tambahan masuk kembali ke dalam FCP sekunder akan diminta untuk mengkonfigurasi atau mengkonfigurasi ulang serat dan untuk melaksanakan pemeliharaan dan pengujian serat.

Dalam kasus serat udara ditiup, yang FCP sekunder dapat berupa perangkat tabung breakout dirancang untuk memungkinkan mikro-saluran kabel atau fiber unit yang akan ditiup langsung ke tempat pelanggan. Hal ini akan mengurangi jumlah operasi penyambungan.

Sementara tiang-mount kabel FCP sekunder penutupan bersama relatif aman dan keluar dari pandangan, akses mungkin terhalang dan peralatan khusus yang diperlukan untuk akses. Underground FCP sekunder penutupan bersama juga relatif aman dan keluar dari pandangan, dan akan memerlukan kecil "tangan-lubang" untuk akses. FCPs sekunder berdasarkan lemari jalan mungkin memerlukan keamanan dan perlindungan dari vandalisme; Namun, akses langsung ke sirkuit serat harus relatif sederhana.