Titik konsentrasi Primary Fibre

Pengumpan kabel akhirnya akan perlu mengkonversi ke kabel distribusi yang lebih kecil. Hal ini dicapai pada titik pertama fleksibilitas dalam jaringan FTTH dan umumnya dikenal sebagai titik konsentrasi pertama (FCP). Pada tahap ini serat kabel pengumpan dipisahkan dan disambung menjadi kelompok-kelompok kecil untuk routing lebih lanjut melalui kabel distribusi keluar.

Catatan: semua titik serat pemutusan dalam jaringan FTTH harus diperlakukan sebagai titik fleksibilitas dalam hal memberikan pilihan serat routing. The FCP istilah digunakan di seluruh Handbook sebagai nama generik untuk semua titik-titik ini, dan diklasifikasikan sebagai "primer" atau "sekunder" tergantung pada posisinya dalam jaringan.

Idealnya, FCP utama harus diposisikan sebagai dekat dengan pelanggan mungkin, mengurangi berikutnya panjang kabel distribusi sehingga meminimalkan biaya konstruksi tambahan. Pada prinsipnya, lokasi FCP utama dapat ditentukan oleh faktor-faktor lain seperti lokasi saluran dan jalur akses.

Unit FCP dapat mengambil bentuk kabel penutupan bersama bawah tanah atau tiang-mount dirancang untuk menangani jumlah yang relatif tinggi serat dan menghubungkan splices. Atau, struktur kabinet jalan dapat digunakan. Dalam kedua kasus, masuk dan selanjutnya masuk kembali ke dalam FCP akan diminta untuk mengkonfigurasi atau mengkonfigurasi ulang serat atau untuk melaksanakan pemeliharaan dan melakukan pengujian serat. Bila memungkinkan kegiatan ini harus dilakukan tanpa gangguan untuk sirkuit serat yang ada. Meskipun menjamin hal ini tidak mungkin, pre-connectorized solusi plug-and-play yang lebih baru yang tersedia yang menghilangkan kebutuhan untuk mengakses penutupan, yang membantu untuk mengurangi kesalahan dan kesalahan bangunan.

Bawah tanah dan tiang-mount kabel penutupan bersama relatif aman dan tidak terlihat, namun akses langsung mungkin sulit karena peralatan khusus yang diperlukan. Keamanan dan perlindungan dari vandalisme harus dipertimbangkan untuk FCPs berdasarkan jalan kabinet.