Solusi PON

Ada beberapa generasi teknologi PON sampai saat ini.

Full Services Access Network (FSAN) Group mengembangkan kasus penggunaan dan persyaratan teknis, yang kemudian ditetapkan dan disahkan sebagai standar oleh International Telecommunication Union (ITU). Standar ini termasuk UPON, BPON, GPON dan XG-PON. GPON memberikan 2.5Gbps bandwidth hilir dan 1.25Gbps hulu bersama oleh maksimal 1: 128. XG-PON menawarkan 10Gbps hilir dan 2.5Gbps hulu bagi pengguna hingga 128.

 

Yang diusulkan oleh FSAN, pendekatan baru, NG-PON2 akan, pada tahun 2015, meningkatkan kapasitas PON setidaknya 40 Gbps downstream dan setidaknya 10 Gb / s di hulu, mencapai minimal 20Kms dengan minimal 1:64 perpecahan jatah. Perangkat tambahan untuk menambah panjang gelombang, mencapai 60 km dan rasio split 1: 256 juga sedang ditangani oleh spesifikasi. Pada tahun 2004 Institute of Electrical dan Electronic Engineers (IEEE) memperkenalkan standar alternatif yang disebut Epon dengan kemampuan 1Gbps di kedua arah. produk Epon eksklusif juga tersedia dengan bit rate downstream 2Gbit / s. Pada bulan September 2009 IEEE meratifikasi standar baru, 10G-Epon, menawarkan 10Gbps bit rate simetris.

Tren untuk teknologi akses selama sepuluh tahun ke depan akan menuju bandwidth yang lebih simetris. Multimedia file sharing, aplikasi peer-to-peer dan lebih banyak data-intensif aplikasi yang digunakan oleh rumah-pekerja akan mendorong pelanggan terhadap bandwidth hulu. Selain ini, pembalap utama di balik penggunaan intensif teknologi PON akan Layanan Bisnis, Mobile dan Wi-Fi / sel Kecil jaringan backhaul bahwa operator perlu untuk mendukung di luar layanan perumahan. layanan bisnis atau mobile backhaul akan membutuhkan berkelanjutan dan simetris 1 Gb / s kecepatan data. Namun, sulit untuk membayangkan simetri lengkap dalam aplikasi perumahan karena jumlah besar bandwidth yang dibutuhkan untuk layanan HDTV dan hiburan pada umumnya - meskipun usaha kecil bisa mendapatkan keuntungan dari simetris, konektivitas broadband. Meskipun demikian, itu adalah bit rate upstream tinggi dari PON yang menawarkan operator FTTH keunggulan kompetitif kunci lebih DSL atau kabel penyedia. GPON menyediakan 20 km mencapai dengan anggaran optik 28dB menggunakan kelas B + optik dengan rasio split of1: 128. jangkauan dapat diperpanjang sampai 30 km dengan membatasi faktor membelah untuk maksimal 01:16, atau dengan memperkenalkan optik C +, yang menambahkan hingga 4 dB ke link budget optik dan dapat meningkatkan jangkauan optik untuk 60 km, dengan menggunakan mencapai extender. 10G-Epon juga dapat memberikan 20 km jangkauan dengan anggaran optik 29dB.

Sebagai pilihan, video overlay RF dapat ditambahkan melalui penggunaan panjang gelombang tambahan (1550 nm) yang kompatibel dengan langkah-demi-langkah membangun-up atau waktu-ke-pasar situasi kritis untuk aplikasi TV digital.

Standar yang telah ditetapkan untuk memungkinkan kedua GPON dan XG-PON untuk hidup berdampingan pada serat yang sama dengan menggunakan panjang gelombang yang berbeda untuk kedua solusi. Hal ini dapat diterima asalkan persyaratan seperti rekomendasi G.984.5, yang disempurnakan rencana spektrum untuk GPON dan didefinisikan filter memblokir dalam unit jaringan optik GPON (tanggung jawab), mencegah crosstalk dari panjang gelombang non-GPON.